Syarat dan Biaya Balik Nama Mobil 2021 Lengkap

Biaya Balik Nama Mobil | Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan kendaraannya di jalan umum. Salah satu syarat untuk membayar pajak kendaraan bermotor ialah dengan membawa identitas pemilik kendaraan (KTP atau SIM) sesuai nama yang tertera pada STNK dan BPKB. Untuk anda yang mungkin membeli motor baru pastinya akan memiliki nama pada STNK dan BPKB sesuai dengan nama anda.

Akan tetapi untuk anda yang membeli motor bekas atau second, pastinya nama pada STNK dan BPKB sesuai dengan nama pemilik pertama. Sehingga pada saat anda akan membayarkan pajak kendaraan bermotor tersebut, maka anda harus meminjam kartu identitas pemilik kendaraan yang pertama. Hal tersebut pastinya akan sedikit menyusahkan anda, apabila anda kenal dekat dengan orang pemilik pertama pastinya akan lebih mudah. Akan tetapi jika tidak terlalu dekat pastinya akan sedikit menyulitkan, ditambah lagi jika posisi nya jauh.

Oleh karena itu banyak orang yang melakukan balik nama atau menukar nama pada STNK dan BPKB sesuai dengan nama pemilik saat ini untuk lebih mempermudah pada saat proses pembayaran pajak karena tidak perlu meminjam identitas pemilik pertama dari kendaraan yang telah anda beli tersebut. Jika sampai kendaraan bermotor yang dimiliki sampai tidak dibayarkan pajaknya, maka ada Biaya Denda Pajak Bermotor yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan tersebut.

Nah untuk anda yang sekiranya ingin melakukan proses balik nama mobil, namun anda belum mengetahui apa saja syarat balik nama mobil dan juga berapa biaya balik nama mobil. Maka ada baiknya jika anda melihat terlebih dahulu penjelasan yang akan kami berikan untuk hari ini. Siapa tahu saja sedikit informasi yang akan kami berikan hari ini dapat membantu anda-anda sekalian. Untuk anda yang ingin mengetahui informasinya secara lengkap, maka anda bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Syarat dan Biaya Balik Nama Mobil

Syarat Balik Nama Mobil Terbaru

Sebelum anda melakukan proses penggantian nama pada STNK dan BPKB atau balik nama, maka anda harus mempersiapkan beberapa dokumen sebagai syarat balik nama mobil terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa syarat balik nama mobil yang perlu anda persiapkan.

  1. KTP pemilik baru (Tangan Kedua) mobil (Asli dan Fotocopy)
  2. STNK (Asli dan Fotocopy)
  3. BPKB (Asli dan Fotocopy)
  4. Kwitansi pembelian yang telah ditanda tangai oleh penjual dan pembeli diatas materai Rp 6.000

Apabila anda sudah melengkapi semua dokumen yang perlukan, maka langkah-langkah atau proses balik nama mobil adalah sebagai berikut.

  • Mendatangi kantor Samsat sesuai dengan wilayah KTP pemilik baru
  • Cek fisik kendaraan
  • Mendaftar dan melakukan proses pembayaran
  • Terakhir tinggal menunggu semua dokumen (STNK, BPKB dan TNKB) baru siap

Biaya Balik Nama Mobil Terbaru

Sedangkan untuk biaya yang perlu dibayarkan pada saat proses balik nama adalah sebagai berikut.

  1. BBN-KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, untuk wilayah DKI Jakarta ialah sebesar 1% dari harga baru mobil tersebut. (Setiap wilayah memiliki besar BBN-KB yang berbeda-beda)
  2. SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan untuk jenis mobil pribadi ialah sebesar Rp 143.000
  3. Biaya penerbitan STNK ialah sebesar Rp 200.000
  4. Biaya penerbitan BPKB ialah sebebsar Rp 375.000
  5. Biaya penerbitan TNKB ialah sebesar Rp 100.000
  6. Biaya surat mutasi ialah sebesar Rp 250.000

Demikian itu informasi tentang Syarat dan Biaya Balik Nama Mobil 2021 yang sekiranya dapat kami berikan untuk anda pada kesempatan ini, semoga saja sedikit informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan anda seputar informasi pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui kembali beberapa informasi tentang biaya pajak kendaraan bermotor lainnya yang sudah pernah kami berikan sebelumnya.

Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat Biaya Pajak Toyota Avanza, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ada yang baru membeli mobil Toyota Avanza dan anda ingin mengetahui secara detail berapa biaya pajak yang harus dibayarkan untuk mobil Toyota tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat informasi yang telah kami berikan sebelumnya itu, ataupun untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui informasi tersebut.

Maka anda masih dapat melihat-lihat kembali beberapa informasi lainnya yang sudah pernah juga kami berikan sebelumnya, siapa tahu saja salah satu diantara informasi-informasi yang telah kami berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan informasi yang sedang dicari-cari oleh anda selama ini.