10 Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet & Pindah Gigi

Loading...

Cara Mengendarai Mobil Matic | Mobil Matic merupakan jenis mobil yang dilengkapi dengan menggunakan tipe transmisi otomatis, dimana transmisi otomatis dapat berpindah sendiri sesuai dengan kecepatan mobil pada saat digunakan.

Mobil ini biasanya lebih diminati oleh para wanita karena cara mengendarai mobil matic jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara mengendarai mobil manual. Mengendarai mobil matic, para pengemudi tidak perlu mengatur kopling.

Selain itu, mengendarai mobil matic juga pengemudi tidak terlalu sering mengatur posisi tuas gigi, karena jenis mobil matic hanya terdapat posisi tuas gigi dan lebih mirip seperti mode berkendara yang hanya beberapa kali berpindah saja.

Nah, untuk anda yang sekiranya memiliki mobil matic namun belum mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil matic, maka tidak ada salahnya apabila anda melihat terlebih dahulu informasi yang hari ini akan kami berikan tentang cara mengendarai mobil matic.

Kelebihan Mengendarai Mobil Matic

Kelebihan Mengendarai Mobil Matic

Namun sebelum kami lanjutkan ke informasi cara mengendarai mobil ini, kami juga ingin memberikan sedikit informasi tentang kelebihan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Dimana hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk membeli mobil.

1. Mudah Dikendarai

Kelebihan pertama mobil matic ialah jenis mobil ini mudah dikendarai, karena pengemudi hanya akan sering mengoperasikan 3 komponen saja, yaitu kemudi, pedal gas dan rem. Selebihnya pengemudi tinggal fokus ke jalan.

2. Tidak Cepat Lelah

Karena mengendarai mobil matic itu mudah, sehingga pengemudi tidak cepat lelah. Hal tersebut akan sangat terasa apabila kondisi jalanan yang sangat ramai atau sedang berada pada posisi jalanan yang menanjak atau banyak kelokan.

3. Memiliki Dua Mode Transmisi

Meskipun menggunakan tipe transmisi otomatis, biasanya mobil yang menggunakan mobil ini masih tetap dilengkapi dengan tipe transmisi manual. Hanya saja tipe transmisi manual yang digunakan menggunakan tipe triptonic.

Mode Tuas Gigi Mobil Matic

Mode Tuas Gigi Mobil Matic

Setelah anda mengetahui beberapa kelebihan mengendarai mobil matic dibandingkan dengan mobil manual, maka saatnya anda memahami beberapa mode tuas gigi mobil matic. Karena mode tuas gigi matic tentunya berbeda dengan mobil manual.

Dimana terdapat beberapa kode huruf yang terdapat pada tuas transmisi, sedangkan pada tuas transmisi manual biasanya hanya tertera angka saja. Berikut ini adalah penjelasan kode huruf tuas transmisi otomatis pada mobil.

  • Park (P) : Posisikan tuas pada saat mobil parkir.
  • Rear (R) : Posisikan tuas pada saat mobil akan mundur.
  • Neutral (N) : Posisikan tuas pada saat mobil akan start / berhenti kurang lebih 10 sampai dengan 20 detik.
  • Drive (D) : Posisikan tuas pada saat mobil berjalan pada kecepatan sedang atau diawal berkendara dan saat turunan.
  • Angka 2 (D-2) : Posisikan tuas pada saat mobil ingin meningkatkan kecepatan saat berjalan.

Jika anda sudah memahami kode huruf pada transmisi otomatis, maka anda dapat mengendarai mobil matic dengan lebih mudah. Terlebih lagi jika anda sudah hafal posisi dari setiap kode huruf tersebut, maka tanpa perlu melihat tuas transmisi anda sudah dapat mengoperasikan tuas transmisi.

Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara mengemudi mobil matic, baik itu Mobil Honda Jazz Matic ataupun Toyota Avanza Matic sebenarnya hampir sama saja. Hanya saja jenis tuas transmisi pada setiap mobil itu berbeda-beda, sehingga banyak orang yang bertanya bagaimana cara mengendarai mobil matic honda jazz atau lainnya.

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengemudi mobil matic secara lengkap, maka anda bisa langsung melihat cara tersebut secara lengkap dan jelas dibawah ini.

1. Posisikan Tuas Transmisi Pada Posisi P

Sebelum menyalakan mesin mobil, pastikan posisi tuas transmisi masih berada pada posisi P (Parking) atau N (Neutral). Karena jika posisi tuas transmisi tidak ada pada posisi tersebut, mobil akan langsung berakselerasi atau jalan. Dan hal tersebut dapat merusak transmisi.

2. Jangan Menghidupkan Mesin Secara Langsung

Loading...

Usahakan sebelum menyalakan mesin mobil, tunggu semua indikator pada posisi stand by. Karena pada saat kunci baru berada pada posisi ON, semua indikator pada mobil baru saja menyala dan memerlukan waktu sesat untuk menyalakan mesin.

3. Menginjak Pedal Rem Saat Starter

Jangan lupa untuk menginjak pedal rem pada saat akan melakukan starter mobil matic, karena terdapat switch pada pedal rem untuk menyalakan motor starter. Namun ada beberapa tipe mobil yang tidak perlu menginjak pedal rem pada saat melakukan starter.

4. Pindahkan Tuas Transmisi Sembari Menginjak Pedal Rem

Sebelum mobil mulai berjalan, pastikan anda pindahkan terlebih dahulu posisi tuas transmisi dari mode P (Parking) atau N (Neutral) ke mode D (Drive). Namun pada saat akan memindahkan tuas transmisi jangan lupa untuk menginjak pedal rem.

Hal tersebut berlaku juga pada saat memindahkan tuas transmisi dari mode D (Drive) ke mode N (Neutral), R (Rear) atau P (Parking).

5. Lepaskan Sejenak Pedal Gas Saat Mengubah Mode Berkendara

Mobil matic biasanya telah dilengkapi dengan beberapa mode berkendara, jangan lupa untuk melepaskan sejenak pedal gas pada saat berpindah mode berkendara agar transisi dari mode sebelumnya ke mode berikutnya lebih terasa nyaman.

Hal tersebut juga berlaku pada saat anda akan memindahkan tuas D (Drive) ke D-2 untuk lebih meningkatkan kecepatan mobil matic.

Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet

Selain itu, kami juga akan turut memberikan informasi tentang cara mengemudi mobil matic di tanjakan macet, karena tidak sedikit orang merasa kesulitan pada saat mengendarai mobil pada posisi tanjakan. Terutama pada saat kondisi jalanan tersebut macet atau ramai.

1. Pahami Permukaan Jalan

Pastikan anda dapat melihat kondisi permukaan tanjakan tersebut, dengan memahami kondisi permukaan jalan tanajakan maka anda dapat memutuskan untuk menggunakan mode berkendara yang mana. Apabila tanjakan tidak terlalu curam, maka anda bisa tetap menggunakan mode D (Drive) saja.

Sedangkan untuk kondisi tanjakan yang sangat curam, maka anda bisa posisikan tuas transmisi pada posisi D-2 untuk lebih meningkatkan kecepatan mobil.

2. Manfaatkan Rem Tangan

Apabila anda akan memulai berkendara pada posisi jalanan menanjak, maka manfaatkan rem tangan sebelum memulai berkendara. Dengan memanfaatkan rem tangan, maka posisi kaki tidak perlu berada pada pedal rem. Sehingga posisi kaki dapat di fokuskan pada pedal gas saja.

Namun untuk mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan adanya fitur Hill Start, yaitu fitur yang akan mempermudah pengemudi saat memulai berkendara dari posisi jalanan menanjak tanpa harus memanfaatkan rem tangan.

3. Membiasakan Diri Berkendara di Tanjakan

Apabila anda sudah memahami bagaimana cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet atau biasa, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan hanya membiasakan diri saja. Apabila anda sudah terbiasa menghadapi jalan tanjakan dengan kondisi macet atau tidak, maka hal tersebut akan terasa mudah.

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang Cara Mengendarai Mobil Matic yang saat ini dapat kami berikan kepada anda, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan tentang cara mengendarai mobil dapat bermanfaat untuk anda.

10 Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet & Pindah Gigi | honda | 4.5