Cara Kerja, Harga dan Fungsi Side Stand Switch Pada Motor

Advertisement

Fungsi Side Stand Switch | Perkembangan teknologi pada sepeda motor semakin hari semakin berkambang, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya teknologi yang sekarang ini terpasang pada kendaraan roda dua. Bahkan beberapa fitur yang umumnya terpasang pada kendaraan roda empat atau mobil juga sekarang ini sudah mulai terpasang pada kendaraan roda dua. Dan hal tersebut juga lah yang menjadikan harga motor semakin hari semakin mahal.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin membahas tentang salah satu teknologi yang terpasang pada motor, yaitu teknologi Side Stand Switch. Teknologi atau fitur motor yang satu ini termasuk kedalam salah satu fitur keselamatan pada motor, karena fungsi side stand switch yang paling utama ialah menjaga keselamatan para pengendara sepeda motor. Sekarang ini, hampir semua jenis sepeda motor sudah menggunakan fitur ini, terutama untuk jenis skuter matic.

Namun untuk anda yang mungkin belum mengetahui pengertian side stand switch pada motor. Alangkah baiknya apabila anda melihat pembahasan lengkap mengenai fungsi side stand switch yang akan kami berikan hari ini bersamaan dengan harga side stand switch dan juga bagaimana cara kerja side stand switch ini. Sehingga anda akan mengetahui secara detail fungsi side stand switch yang terdapat pada motor – motor keluaran sekarang ini.

Adapun bagi anda yang merasa ingin mengetahui secara lengkap dan jelas mengenai pembahasan tentang pengertian side stand switch berserta dengan fungsi, harga dan cara kerjanya. Maka anda bisa langsung melihat bersama – sama dengan kami mengenai pembahasan tentang fungsi side stand switch secara lengkap dan jelas dibawah ini.

Fungsi Side Stand Switch

Fungsi Side Stand Switch Pada Motor

Side Stand Switch adalah teknologi yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik pada motor starter yang terpasang pada bagian side stand atau standar samping, apabila posisi standar berada dibawah, maka aliran listrik pada motor starter akan terputus dan menyebabkan mesin motor mati pada saat posisi mesin hidup. Sedangkan pada saat posisi mesin motor mati, apabila posisi standar samping masih dibawah, maka mesin motor tidak dapat dinyalakan.

Oleh sebab itu, side stand swtich ini termasuk kedalam salah satu fitur keselamatan motor. Anda – anda sekalian pasti sering menjumpai para pengendara motor yang selalu lupa mengembalikan posisi standar samping setelah memarkir motornya, dan hal tersebut juga cukup sering menjadikan pengendara motor itu mengalami kecelakaan karena lupa mengembalikan posisi standar samping. Maka dari itu, apabila mesin tidak dapat dinyalakan saat posisi side stand masih dibawah, maka para pengguna tidak akan lupa untuk mengembalikan posisi side stand ke posisi atas.

Cara Kerja Side Stand Switch Pada Motor

Cara Kerja side stand switch ini sama persis dengan cara kerja switch pada umumnya, apabila posisi side stand pada posisi turun, maka aliran listrik akan terputus atau dalam posisi off. Sedangkan pada saat posisi side stand diatas, maka aliran listrik akan kembali seperti semula atau dalam posisi on. Sehingga cara kerja side stand switch secara umum sama dengan cara kerja switch pada lampu atau switch – switch yang lainnya.

Fitur side stand switch ini juga dapat mengalami beberapa masalah, beberapa penyebab side stand switch tidak berfungsi diantaranya ialah kabel yang terputus. Penyebab kabel side stand switch terputus itu ada banyak hal, mulai dari di gigit tikus, umur yang memang sudah lama atau motor terjatuh dan mengakibatkan terputusnya kabel. Sedangkan penyebab side stand switch tidak berfungsi lainnya ialah karena kotor pada bagian switchnya.

Untuk sepeda motor yang sudah memiliki umur cukup lama, kurang lebih diatas lima tahun. Kondisi side stand switch kotor mungkin menjadi penyebab utama side stand switch tidak berfungsi. Cara membersihkan side stand switch tergolong cukup mudah, anda tinggal membuka atau membongkar side stand atau standar samping motor. Maka side stand switch tersebut sudah tampak dan bisa langsung anda bersihkan sendiri.

Harga Side Stand Switch Motor

Untuk harga side stand switch pada motor ini bermacam – macam dan tergantung tipe motornya, untuk motor keluaran lama bisanya memiliki harga yang jauh lebih murah. Dimana harga side stand switch tersebut ada dikisaran harga 30 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk harga side stand switch motor keluaran terbaru biasanya lebih mahal, terutama untuk jenis keluaran Honda. Dimana harganya dapat mencapai 200 ribu rupiah keatas.

Tipe
Harga
Harga Side Stand SwitchRp 30.000 – Rp 200.000

Baca Juga : Syarat Pembuatan SIM Baru

Kelebihan Side Stand Switch Pada Motor

  • Mengurangi resiko kecelakaan yang diakibatkan para pengendara lupa mengembalikan posisi side stand ke posisi semula atau posisi atas.
  • Memiliki tegangan yang cukup rendah, kurang lebih adalah 12 v. Sehingga akan sangat aman bagi para pengguna.
  • Dilengkapi dengan adanya seal anti air yang akan melindungi dari konsleting akibat terkena air hujan atau air saat motor dicuci.

Kami rasa cukup sekian dulu untuk pembahasan mengenai Harga dan Fungsi Side Stand Switch Pada Motor, mudah – mudahan saja dari sedikit informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi itu dapat menambah pengetahuan anda seputar fitur – fitur yang ada pada sepeda motor. Adapun untuk anda yang sekiranya merasa ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah kami sajikan pada kesempatan sebelumnya.

Maka kami coba sarankan kepada anda untuk baca juga Kekurangan dan Kelebihan Motor 2 Tak, barang kali saja diantara anda – anda sekalian ini ada yang belum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mesin 2 tak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat kembali pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya itu. Atau bisa juga anda mengunjungi kembali situs kelebihanmobil.com lain waktu, supaya anda bisa terus mendapatkan informasi terupdate seputar Motor dan Mobil.