20 Surat Perjanjian Jual Beli Mobil : Fungsi & Format

Loading...

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil – Surat perjanjian jual beli adalah surat yang difungsikan untuk mengikat perjanjian antara kedua belah pihak penjual dan pembeli pada saat transaksi jual beli. Dimana dalam surat tersebut berisikan hal-hal yang tidak boleh dilanggar.

Apabila salah satu pihak melanggar hal-hal yang telah disepakati dalam surat perjanjian jual beli tersebut, maka pihak yang melanggar akan terkena sanksi sesuai dengan yang tertera pada surat perjanjian tersebut. Surat perjanjian jual beli juga biasanya dilengkapi dengan materai untuk memperkuat perjanjian.

Dan pada kesempatan ini, Kelebihan Mobil akan memberikan informasi seputar contoh surat perjanjian jual beli mobil. Barang kali saja ada diantara anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat surat perjanjian jual beli.

Namun selain memberikan contoh surat perjanjian jual beli , kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti fungsi surat perjanjian dan format surat perjanjian. Sehingga anda dapat lebih memahami apa itu surat perjanjian jual beli.

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Surat perjanjian jual beli sebenarnya tidak berbeda jauh dengan surat perjanjian pada umumnya, dimana dalam surat tersebut berisikan kesepakatan antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual) tentang tata cara pembayaran sampai dengan proses penyerahan kendaraan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung melihat informasi tentang fungsi surat perjanjian jual beli berikut ini.

1. Mengetahui Identitas Penjual / Pembeli Mobil

Fungsi pertama surat perjanjian ialah untuk mengetahui identitas penjual dan pembeli, apakah si penjual merupakan pemilik kendaraan atau hanya makelar saja. Begitu juga sebaliknya dengan si pembeli, apakah si pembeli merupakan pembeli langsung atau makelar juga.

2. Memastikan Kondisi dan Spesifikasi Mobil

Fungsi berikutnya ialah untuk memastikan kondisi dan spesifikasi mobil. Apabila kondisi mobil dalam keadaan yang tidak begitu bagus, maka harga mobil tersebut bisa berkurang. Ataupun spesifikasi dari mobil tidak sesuai dengan apa yang dikatakan juga bisa mengurangi harga jual.

3. Metode Pembayaran

Di dalam surat perjanjian juga berisikan tentang bagaimana metode pembayaran yang akan digunakan. Apakah pembayaran akan dilakukan secara cash/tunai atau kredit. Dengan begitu tidak ada kesalah pahaman antara si penjual dan pembeli.

Loading...

4. Metode Proses Penyerahan Mobil

Surat perjanjian jual beli juga berisikan tentang bagaimana cara proses penyerahan kendaraan. Apakah mobil akan dikirimkan oleh si penjual atau akan diambil oleh si pembeli. Dengan adanya kesepakatan tersebut sehingga menjadi lebih jelas.

5. Menghindari Terjadinya Konflik

Fungsi paling utama dari surat perjanjian jual beli ialah untuk menghindari terjadinya konflik atau kesalahpahaman antara pihak pembeli dan penjual. Baik itu mulai dari kondisi mobil, metode pembayaran sampai dengan proses penyerahan mobil seperti yang sudah dibahas diatas.

Format Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Lantas bagaimana format surat perjanjian tersebut? karena sama halnya dengan beberapa contoh surat lainnya, surat perjanjian juga memiliki format agar bisa dinamakan sebagai surat perjanjian. Apabila ada salah satu bagian yang tidak disertakan, maka surat tersebut tidak dapat dikatakan sebagai surat perjanjian.

Berikut ini adalah bagaimana format surat perjanjian jual beli.

  • Tanggal transaksi jual beli
  • Identitas pejual mobil
  • Identitas pembeli mobil
  • Identitas dan Spesifikasi Mobil
  • Kesepakatan metode pembayaran
  • Kesepakatan proses pindah tangan mobil
  • Kesepakatan Balik Nama Mobil
  • Kesepakatan apabila terjadi ketidak sesuaian pada poin antara kedua belah pihak
  • Pernyataan sederhana secara sadar dan tanpa adanya paksaan untuk tanda tangan.
  • Tanda tangan kedua belah pihak diatas materai

Apabila anda ingin membuat surat perjanjian sendiri, maka semua komponen surat yang ada diatas harus disertakan untuk memastikan jika surat tersebut dibuat dengan benar. Dan untuk mengurangi resiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Setelah anda mengetahui apa fungsi dari surat perjanjian jual beli dan bagaimana format surat tersebut. Maka saatnya kembali ke inti pembahasan yaitu contoh surat perjanjian jual beli. Pada contoh surat perjanjian yang akan kami berikan terdiri dari beberapa contoh.

Diantaranya adalah contoh surat perjanjian tanpa BPKB, surat perjanjian dengan angsuran dan surat perjanjian dengan uang muka. Untuk anda yang ingin mengetahui secara lebih rinci contoh surat perjanjian tersebut, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Tanpa BPKB

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Tanpa BPKB

Surat Perjanjian Jual Beli Dengan Angsuran

Surat Perjanjian Dengan Angsuran

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Dengan Uang Muka

Surat Perjanjian Dengan Uang Muka

Demikian itu untuk Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan ini. Semoga saja contoh surat yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda-anda sekalian.

Sedangkan untuk anda yang sekiranya merasa masih ingin melihat kembali beberapa informasi lainnya, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat informasi yang sudah pernah kami berikan sebelumnya. Barang kali saja salah satu diantara informasi yang sudah pernah kami berikan tersebut ada yang sesuai.

20 Surat Perjanjian Jual Beli Mobil : Fungsi & Format | honda | 4.5