Oli Kental Untuk Motor Tua : Waktu Ganti & Biaya

Oli Kental Untuk Motor Tua | Oli ternyata memiliki jenis berbeda untuk motor baru dan motor lama. Biasanya untuk motor lama atau motor lawas menggunakan oli kental. Sedangkan untuk motor baru biasanya menggunakan oli yang konsistensinya lebih encer.

Oli kental untuk motor tua sangat direkomendasikan tentu bukan tanpa ada alasannya. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa oli kental sangat cocok untuk motor tua.

Oli Kental Untuk Motor Tua

Alasan Memilih Oli Kental Untuk Motor Tua

1. Faktor pengikisan

Alasan yang pertama mengapa motor tua membutuhkan oli yang lebih kental yaitu karena ada pengikisan. Adanya pertambahan umur pada motor membuat pengikisan juga sering terjadi pada bagian celah dinding silinder serta piston.

Oleh karena itu pencegahan pengikisan ini harus dilakukan dengan menggunakan oli yang lebih kental. Penggunaan oli yang lebih kentalnya diharapkan mampu mencegah penurunan dari kompresi ataupun terjadi merembes oli ke bagian ruang bakar.

2. Faktor struktur mesin

Oli kental untuk motor tua memiliki alasan yaitu karena struktur mesinnya. Pada motor lawas celah dari antar komponen mesinnya jauh lebih renggang jika dibandingkan dengan motor yang baru.

Dalam hal ini termasuk bagian ring piston dan juga klep. Celah antar komponen tersebut sering ditemukan untuk motor yang berusia di atas 20 tahun. Sebenarnya untuk definisi dari motor tua sendiri bukanlah motor yang umurnya sudah tua saja. Tetapi motor tua ini juga dilihat dari segi kilometer yang sudah ditempuhnya.

3. Suara mesin menjadi lebih sunyi

Alasan selanjutnya mengapa memilih oli kental yaitu biasanya suara mesin jadi lebih sunyi. Salah satu indikator yang harus diperhatikan pada saat Anda ingin membeli sebuah motor lawas maka dilihat dari suara mesin motor tersebut.

Apabila suaranya cenderung lebih kasar menggelitik maka kemungkinan besar mesin tersebut tidak sehat. Banyak pengguna motor-motor tua yang menggunakan oli kental untuk dapat membuat motor mereka memiliki bunyi yang lebih halus.

Waktu Ganti Oli Untuk Motor Tua

Dalam mengganti oli motor tentu Anda harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk bisa mengganti oli motor tersebut. Penggantian oli motor memang harus dilakukan secara berkala sehingga mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Oli memiliki peranan yang sangat penting dalam kinerja sebuah mesin. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri oli yang harus segera diganti.

1. Warna dan kepekatan oli

Ciri-ciri yang harus diperhatikan pada saat ingin mengganti sebuah oli motor yaitu perhatikan warna dan kepekatan oli. Oli mesin baru biasanya akan memiliki warna yang coklat atau warna biru dengan konsistensinya yang masih pekat. Perubahan warna pada oli mesin ini akan terjadi apabila terkena panas dan juga kerak dari pembakaran.

Apabila oli berubah warna menjadi hitam pekat maka oleh sudah terkontaminasi dengan zat bekas dari pembakaran. Apabila sudah memiliki ciri tersebut maka oli harus segera diganti.

2. Volume oli

Ciri-ciri oli motor yang perlu diganti selanjutnya yaitu bisa dilihat dari volume oli mesin. Pada sepeda motor kapasitas oli biasanya di bawah 1 liter untuk motor dengan kapasitas 150 cc. Pengertian oli ini bisa berkurang tergantung dari pemakaian mesin.

Apabila pemakaian dan waktu dirasa masih wajar tetapi oli sudah berkurang maka Anda perlu memeriksa bagian mesin oli bisa saja terjadi kebocoran.

3. Suara mesin kasar

Ciri-ciri perlu melakukan penggantian oli yaitu bisa terlihat dari suara mesin. Kualitas oli yang sudah mengalami penurunan bisa mengakibatkan daya lumasnya terhadap gear transmisi juga ikut terganggu. Hal tersebutlah yang bisa menimbulkan bunyi kasar pada saat mesin digas.

4. Suhu mesin terasa lebih tinggi

Saat kondisi mesin lebih panas dari biasanya ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa Anda perlu mengganti oli. Kondisi fisik oli yang sudah tidak baik bisa membuat daya hantar panas jadi berkurang. Hal inilah yang menyebabkan panas pada mesin penyebarannya tidak merata.

5. Patokan mengganti oli

Pada umumnya mengganti oli motor harus dilakukan setiap 3000 sampai 5000 km. Apabila kilometer motor Anda sudah mencapai interval tersebut maka harus mengganti oli. Apabila tidak mengganti oli tersebut kualitas oli yang buruk itu akan membuat mesin bisa mengalami masalah dikemudian hari meskipun pada saat dipakai masih terasa normal.

Bagi Anda yang menggunakan motor 20 sampai 50 km untuk setiap harinya maka penggantian oli bisa dilakukan setiap satu setengah bulan sekali. Apabila penggunaan motor di atas 50 km dalam satu harinya maka oli harus diganti setiap sebulan sekali.

Biaya Ganti Oli Untuk Motor Tua

Biaya untuk mengganti oli kental biasanya dipatok dengan harga kurang lebih 50ribuan dengan biaya ongkos penggantian. Tergantung dari tempat Anda mengganti dan merek oli yang digunakan.

Itulah beberapa informasi yang harus diperhatikan terkait dengan oli kental untuk motor tua yang sekiranya dapat Kelebihan Mobil berikan pada kesempatan hari ini.