5 Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak : Pengertian, Cara Kerja & Contoh

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak – Sepeda motor merupakan salah satu transportasi pribadi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena dengan menggunakan sepeda motor memiliki waktu tempuh jauh lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Sepeda motor sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti sepeda motor bebek, sport sampai dengan skuter. Sedangkan berdasarkan dari tipe mesinnya, sepeda motor hanya terbagi menjadi dua tipe, yaitu motor mesin 2 tak dan 4 tak.

Namun saat ini sudah tidak ada lagi motor dengan mesin 2 tak, karena motor keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan mesin 4 tak. Kemudian ditambah lagi dengan sejumlah teknologi seperti misalnya mesin motor Honda yang sudah menggunakan Teknologi eSP.

Nah, untuk anda yang sekiranya merasa penasaran dengan motor 2 tak dan 4 tak, karena ingin mengetahui perbedaan dari kedua tipe mesin tersebut. Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan dibawah ini.

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Pengertian Motor 2 Tak dan 4 Tak

Sebelum kami bahas lebih lanjut seputar perbedaan motor 2 tak dan 4 tak, alangkah baiknya jika anda ketahui terlebih dahulu pengertian dari kedua tipe motor tersebut. Dengan mengetahui pengertian mesin 2 tak dan 4 tak saja, anda akan mengetahui perbedaan kedua mesin tersebut.

Pengertian Motor 2 Tak

Pengertian motor 2 tak adalah proses pembakaran pada mesin yang satu kali siklus pembakarannya hanya mengalami 2 (dua) langkah piston saja. Mesin 2 tak juga umumnya digunakan pada tipe mesin berbahan bakar diesel yang digunakan pada kendaraan berat dan besar.

Pengertian Motor 4 Tak

Pengertian motor 4 tak adalah proses pembakaran pada mesin yang satu kali siklus pembakarannya mengalami 4 (empat) langkah piston. Jenis mesin 4 tak menjadi saat ini lebih banyak digunakan untuk kendaraan roda empat dan dua dan beberapa kendaraan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Setelah mengetahui pengertian dari kedua tipe mesin tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan motor 2 tak dan 4 tak. Dimana dari beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut juga bisa disimpulkan beberapa perbedaan antara kedua tipe mesin tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Motor 2 Tak

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan motor 2 tak secara lengkap.

Kelebihan Motor 2 Tak

  • Mampu menghasilkan tenaga jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 4 tak.
  • Ukuran mesin jauh lebih ringan dan kecil jika dibandingkan dengan mesin 4 tak.
  • Biaya produksi jauh lebih murah, karena komponen lebih sedikit.

Kekurangan Motor 2 Tak

  • Konsumsi bahan bakar jauh lebih boros, karena proses pembakaran lebih cepat.
  • Membutuhkan oli campuran untuk pendingin ekstra pada mesin.
  • Hasil pembungan mesin 2 tak kurang ramah lingkungan.
  • Usia komponen pada mesin 2 tak jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan 4 tak.

Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 Tak

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan motor 4 tak? berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan motor 4 tak.

Kelebihan Motor 4 Tak

Loading...
  • Konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Hasil gas buang mesin 4 tak jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Usia komponen mesin 4 tak jauh lebih panjang dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Tidak memerlukan oli campuran sebagai ekstra pendingin pada bagian mesin.

Kekurangan Motor 4 Tak

  • Daya mesin yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan mesin 2 tak.
  • Biaya perawatan mesin 4 tak jauh lebih mahal dan banyak dibandingkan mesin 2 tak.

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Setelah mengetahui beberapa informasi seputar motor 2 tak dan 4 tak, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu perbedaan motor 2 tak dan 4 tak. Dimana terdapat 4 perbedaan diantara kedua tipe mesin tersebut yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Komponen

Jika dilihat dari jumlah komponennya, motor 2 tak memiliki jumlah komponen lebih sedikit dibandingkan dengan mesin 4 tak. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap biaya perawatan mesin, dimana biaya perawatan mesin 2 tak jauh lebih sedikit dibandingkan mesin 4 tak.

2. Kapasitas Oli Mesin

Kapasitas oli mesin motor secara umum sama, yaitu antara 800 ml sampai 1000 ml. Akan tetapi pada tipe motor 2 tak membutuhkan oli tambahan atau oli samping yang dicampurkan dengan bahan bakar, sehingga mesin 2 tak membutuhkan ekstra oli untuk pendinginan.

3. Jumlah Langkah Piston

Perbedaan utama pada motor 2 tak dan 4 tak ialah jumlah langkah piston, hal tersebut bisa dilihat dari cara kerja motor 2 tak dan 4 tak. Dimana motor 2 tak hanya membutuhkan 2 langkah piston saja untuk sekali siklus pembakaran, sedangkan motor 4 tak membutuhkan 4 langkah piston dalam satu kali siklus pembakaran.

4. Hasil Pembakaran

Perbedaan selanjutnya terdapat pada hasil pembakaran, dimana hasil pembakaran mesin 2 tak tidak terlalu ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan oli campuran yang ikut terbakar pada saat proses pembakaran pada mesin. Sedangkan mesin 4 tak memiliki hasil pembakaran lebih ramah lingkungan, selama mesin dirawat dengan benar.

5. Usia Pemakaian

Perbedaan terakhir terdapat pada usia pemakaian, dimana usia pemakaian mesin 2 tak jauh lebih pendek dibandingkan dengan mesin 4 tak. Hal tersebut dikarenakan pelumasan pada mesin 2 tak jauh lebih buruk dibandingkan dengan mesin 4 tak. Sehingga usia mesin 2 tak lebih singkat dibandingkan mesin 4 tak.

Contoh Motor 2 Tak dan 4 Tak

Setelah mengetahui beberapa perbedaan motor 2 tak dan 4 tak, mungkin anda tertarik untuk memiliki motor 2 tak atau 4 tak. Maka tidak ada salahnya apabila anda lihat terlebih dahulu beberapa contoh motor 2 tak dan 4 tak yang ada dipasaran Indonesia saat ini.

Contoh Motor 2 Tak

Contoh Motor 4 Tak

Sedangkan untuk contoh motor 4 tak itu ada banyak sekali. Apabila anda melihat sepeda motor keluaran terbaru saat ini, semua tipe sepeda motor tersebut sudah menggunakan mesin 4 tak. Apabila anda kurang merasa yakin, maka bisa melihat pada bagian spesifikasi motor.

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang perbedaan motor 2 tak dan 4 tak yang sekiranya dapat kelebihanmobil berikan untuk anda semuanya, mudah-mudahan saja informasi tentang perbedaan mesin diatas bisa menambah pengetahuan anda.

5 Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak : Pengertian, Cara Kerja & Contoh | yamaha | 4.5